0 Mudik Tahun ini, Kematian menurun tapi kecelakaan Meningkat

Miris, Sedih, Kasian.. Begitulah yang saya rasakan setelah mengetahui Angka kematian Pemudik pada Lebaran tahun ini,
Seperti yang disunting dari http://www.vivanews.com/

Peristiwa kecelakaan lalulintas meningkat selama musim mudik Lebaran 2011 ini. Sampai hari ini, berdasarkan catatan polisi ada 4.006 kasus. Angka ini naik sekitar 996 kejadian, dibandingkan Lebaran tahun lalu tercatat 3.010 kasus.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Polri, Brigadir Jenderal Polisi I Ketut Untung Yoga Ana, mengatakan angka itu dicatat pada kurun 23 Agustus hingga Minggu 4 September 2011. "Angka kecelakaan naik 33,08 persen dibandingkan masa lebaran tahun lalu," ujarnya Senin, 5 September 2011.
Korban meninggal akibat kecelakaan, kata Ketut, turun dari 746 pada 2010, menjadi 661 orang pada tahun ini, tapi jumlah kecelakaan naik terus hingga 33,08 persen. Sementara korban luka berat naik 155 orang, atau 15,91 persen.

Mabes Polri juga mencatat selain peningkatan jumlah kecelakaan, kerugian material juga ikut naik. Jumlahnya mencapai Rp7,5 miliar atau naik 220 persen. Pada H-4 Lebaran saja, kerugian kecelakaan mencapai Rp2 miliar.

Kecelakaan terbanyak adalah tabrakan depan-depan atau "adu banteng". Korban kecelakaan jenis ini mencapai 81 orang. Lokasinya paling banyak di jalur mudik yang tak memiliki median jalan.

Kecelakaan tunggal, mengantuk, dan mengendarai sepeda motor lebih dari dua orang, juga ikut memperpanjang daftar korban. Peristiwa lain adalah tabrakan depan-belakang tercatat 37 kali. Lalu kendaraan menabrak pengguna jalan juga cukup tinggi. Sudah 40 kali kejadian ini menimpa warga di sepanjang jalur mudik.

Bagi pengendara sepeda motor, penyebab kecelakaan paling banyak adalah karena berboncengan lebih dari satu orang. Jumlahnya mencapai 104 orang. Pada urutan kedua karena mengantuk. Ada 32 kasus, dan 88 pengendara motor celaka akibat kondisi fisik yang lelah ini. 

Bahkan jumlah kecelakaan di wilayah hukum Polda Metro Jaya tercatat 134 kasus kecelakaan, dan korban jiwa mencapai 21 orang. Dalam upaya penertiban, polisi melakukan tilang bagi 16.534 pemudik selama arus mudik Lebaran.

Kepala Humas Jasa Marga cabang Purbaleunyi, Iwan Mulyana menyebutkan, meningkatnya angka kecelakaan paling banyak disebabkan kesalahan manusia atau human error.

Selama mudik Lebaran, ada 24 kejadian kecelakaan di jalan tol, menyebabkan lima orang meninggal. Salah satunya adalah Virginia Anggraeni, istri artis dangdut Saepul Jamil. Sedangkan korban luka berat sebanyak delapan orang dan 16 lainnya luka ringan.

Kecelakaan paling banyak terjadi di KM 56-154 Tol Purbalenyi atau Cipularang dan Padalenyi. Faktor mengantuk, dan melaju dengan kecepatan tinggi plus muatan barang berlebihan adalah penyebab kecelakaan terbesar.

Panggil menteri
Tingginya angka kecelakaan selama mudik Lebaran itu membuat Komisi V DPR RI bidang perhubungan ikut turun tangan. Kementerian Perhubungan akan dipanggil untuk membahas masalah ini.

"Diperlukan evaluasi, karena tingkat kecelakaan selama mudik meningkat. Padahal perbaikan infrastruktur jalan sudah dilakukan," kata Wakil Ketua Komisi V, Muhidin M Said.

Faktor kecerobohan atau kelalaian pengemudi selama perjalanan mudik masih tertinggi. Tapi evaluasi menyeluruh bersama pemerintah tetap harus dilakukan untuk memastikan penyebab utamanya, dan bagaimana mengatasi masalah itu.

Bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta disarankan agar berhati-hati. Dianjurkan agar menepi saja bila merasa lelah, juga memeriksa kelaikan kendaraan.

Berbeda dengan data polisi, Kementerian Kesehatan mencatat jumlah korban tewas pada kecelakaan arus mudik dan balik ini mencapai 700 orang, sementara 1.000 lainnya luka berat.
Data ini tentu membuat Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih prihatin. Secara umum, pemudik tewas karena luka berat di bagian kepala. Di luar ancaman keselamatan lalu lintas, para pemudik juga mengalami problem kesehatan, terutama menderita ISPA dan diare.(np)

0 comments:

Posting Komentar

Pembaca yang baik, Selalu Meninggalkan komentar.

 

Info Seger Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates